Latest News

Sunday 20 April 2014

Sejarah dan Macam Aliran Musik Jazz

Musik jazz merupakan salah satu genre musik populer di dunia. Genre musik jazz kini bisa dibilang sudah menyebar secara global. Musik jazz juga memiliki banyak komunitas khusus penggemar dan tidak kalah dengan genre-genre musik populer yang memiliki penggemar fanatik seperti musik rock, country, metal atau reggae. Jazz memang memiliki warna musik yang lain dari genre musik mainstream lainnya. Alunan nada dan irama dalam musik jazz memang cenderung lebih pelan. Namun justru itu yang membuat musik jazz lebih mudah dinikmati karena lagu lagu jazz sangat easy listening di telinga para pecinta musik. 

Dalam sejarahnya, musik jazz berkembang cukup cepat hingga menjadi genre musik populer seperti saat ini. Lagu lagu dan album musik jazz terus bermunculan dan beberapa menjadi hits internasional di beberapa tangga lagu dunia. Musisi dan artis beraliran jazz pun banyak bermunculan dari seluruh dunia, termasuk di Indonesia, baik berupa grup band atau penyanyi solo. 

Sejarah dan Macam Aliran Musik Jazz

Musik jazz sendiri secara garis besar memiliki beberapa macam dan jenis aliran musik yang berbeda yang dibedakan berdasarkan karakteristik yang terdapat di dalamnya, baik dari segi vokal, instrumen, nada, warna musik, geografis hingga sejarahnya. Beberapa aliran jazz mampu menjadi favorit bagi masyarakat pecinta musik jazz. Berikut tim Museum Musik akan sajikan informasi macam jenis aliran musik jazz.

Berikut Macam dan Jenis Aliran Musik Jazz :

  1. Groove
  2. Swing
  3. Fusion
  4. Ragtime
  5. Bossa Nova
  6. Mainstream
  7. Soul Jazz
  8. Vocalese
  9. Classic Jazz
10. Hard Bop
11. Hot Jazz
12. Cool
13. Afro-Cuban Jazz
14. Bebop
15. European Jazz
16. Kansas Style
17. Free Jazz
18. Chicago Style
19. Acid Jazz
20. Gypsy Jazz


Itu tadi informasi singkat mengenai macam aliran musik jazz yang dapat dibedakan menjadi 20 sub-genre. Pembagian aliran musik jazz tersebut diambil dari berbagai sumber referensi dan literatur yang ada. Banyak musisi dan band jazz baru yang mampu mengembangkan subgenre jazz hingga sudah berada diluar dari subgenre yang telah ada. Meskipun begitu hal itu tidak menjadi masalah selama masih berada dalam batas musik jazz itu sendiri.


-infolagupop-

No comments:

Post a Comment

Recent Post