Latest News

Tuesday 27 May 2014

Sejarah Lengkap Perkembangan Musik Country

Musik country merupakan salah satu macam genre musik yang cukup populer di dunia saat ini. Meski begitu jenis aliran musik country belum terlalu dikenal di Indonesia. Musik country masih kalah dengan genre genre musik populer lainnya di Indonesia, seperti musik pop dan rock. Meski begitu musik country cukup populer di negara Amerika, yang merupakan negara asal jenis musik ini. Tak heran karena musik country lekat dengan budaya western dan cowboy ala Amerika. Musik country sendiri memiliki beberapa turunan dan subgenre seperti Hillbilly, Bluegrass, Country Pop, Western Swing, Neo Country, Crossover Country, Alternative Country, Country Rock dan lain-lain. Berikut tim Museum Musik akan sajikan perkembangan musik country dari tahun ke tahun.

Sejarah Lengkap Perkembangan Musik Country

Musik country awalnya berasal dari daerah Amerika Selatan yang bersumber dari lagu lagu rakyat di Amerika Utara dengan ciri khas alat musik gitar, banjo dan ukulele. Dengan teknik menyanyi dengan suara lurus dan melengking yang khas membuat musik country dapat dibedakan dari jenis aliran musik lainnya. Di era 1920-an ada beberapa penyanyi dan musisi country awal, seperti Jimmy Rodgers dan Carter family yang sukses menghasilkan karya karya berupa lagu lagu hits di era itu. Di era 1940-an juga ada Eddy Arnold yang sukses merajai chart tangga lagu bergengsi Billboard.

Elvis Presley yang populer di era 1950-an juga terpengaruh oleh musik country. Belum lagi Johnny Cash yang sangat populer di jajaran musik country hingga sekarang dan disebut-sebut sebagai penyanyi country terbaik sepanjang masa. Ada juga Bob Dylan yang beberapa kali membawakan lagu lagu bertema country. Di era 70-an muncul Dolly Parton dan Kenny Rogers. Musisi musisi ini membuat musik country makin dikenal. 

Era 90-an musik country mulai berkembang pesat seiring banyaknya penyanyi country pendatang baru bermunculan. Mereka menghasilkan karya baik berupa lagu, single dan album yang sukses di pasaran. Salah satunya adalah Shania Twin yang masih memegang rekor sebagai artis dengan album country terlaris dan tersukses sepanjang masa. Di era millenium ada nama nama artis country yang populer yang membuat musik country dikenal di berbagai kalangan termasuk remaja dan pemuda, seperti Carrie Underwood dan Taylor Swift. Taylor Swift bahkan mampu beberapa kali menyabet penghargaan bergensi seperti Grammy Award dan American Music Award. 

Itulah info mengenai perkembangan musik country dari masa ke masa. Di Indonesia musik country memang tidak begitu populer. Namun musik country menjadi salah satu genre musik terpopuler di dunia saat ini. Ada banyak penyanyi country terbaik dan terpopuler yang menghasilkan lagu lagu hits country yang sukses tiap tahunnya.


-infolagupop-

No comments:

Post a Comment

Recent Post