Latest News

Monday 13 January 2014

Pengertian dan Definisi Musik

Musik merupakan sesuatu yang tidak asing bagi kita. Ya, hampir setiap hari kita mendengarkan musik, baik dari televisi, komputer, handphone, suara seseorang, atau dari media-media yang lainnya. Dan di zaman modern ini, hidup kita seakan tidak bisa terpisahkan dari yang namanya musik. Berbagai teknologi diciptakan untuk pemutar musik, seperti iPad, headset, dan lain-lain. Semua dilakukan agar kita bisa dengan mudah dan nyaman menikmati alunan musik yang kita suka.

Namun apakah sebenarnya yang dimaksud musik itu? Apakah pengertian dan definisi dari kata musik itu sendiri? 

Pengertian dan Definisi Musik


Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian dan definisi musik antara lain sebagai berikut : 

1. ilmu atau seni menyusun nada atau suara dl urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yg mempunyai kesatuan dan kesinam-bungan; 

2 nada atau suara yg disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan (terutama yg menggunakan alat-alat yg dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu);

Sedangkan menurut Wikipedia, musik merupakan suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama. Musik adalah salah satu media ungkapan kesenian, musik mencerminkan kebudayaan masyarakat pendukungnya. 

Musik termasuk dalam karya seni. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik. Musik juga bisa berperan salah satu media ungkapan kesenian, musik mencerminkan kebudayaan masyarakat pendukungnya. Di dalam musik terkandung nilai dan norma-norma yang menjadi bagian dari proses enkulturasi budaya, baik dalam bentuk formal maupun informal.


-infolagupop-

No comments:

Post a Comment

Recent Post