Latest News

Friday 24 January 2014

Profil dan Biografi Band Bon Jovi

Bon Jovi adalah grup band Amerika yang beraliran rock. Bon Jovi dibentuk di Sayreville, New Jersey, Amerika Serikat pada tahun 1983. Nama Bon Jovi sendiri diambil dari nama sang vokalis, yaitu Jon Bon Jovi. Hal ini membuat banyak orang awam yang menganggap jika Bon Jovi adalah penyanyi solo, meski sebenarnya Bon Jovi adalah sebuah kelompok band. Bon Jovi terdiri dari sang vokalis, Jon Bon Jovi, gitaris Richie Sambora, bassis Hugh McDonald, keyboardis David Bryan dan sang drummer Tico Torres. Gaya dan aliran musik Bon Jovi di awal karirnya adalah hard rock, meski kemudian juga terpengaruh oleh genre lain seperti pop metal, country rock dan pop rock. Hingga kini, Bon Jovi disebut-sebut sebagai salah satu band dengan rekor penjualan album tertinggi sepanjang masa, dengan rekor penjualan lebih dari 130 juta keping album di seluruh dunia. Berikut Museum Musik akan hadirkan profil dan sejarah lengkap Bon Jovi.

Profil dan Biografi Lengkap Bon Jovi

Bon Jovi merilis album pertamanya tahun 1984, diikuti oleh album kedua setahun berikutnya dengan judul 7800 degree Fahrenheit. Namun kesuksesan internasional mereka pertama diraih berkat perilisan album ketiga berjudul Slippery When Wet di tahun 1986. Kesuksesan album ini diikuti oleh album keempat berjudul New Jersey, yang juga sukses secara global dan komersial. Hal ini juga membuat Bon Jovi masuk dalam jajaran daftar artis terbaik di era 80-an.

Di tahun 1994, Bon Jovi merilis album kompilasi berjudul Cross Road plus dua lagu baru. Album ini kemudian laris di pasaran dan menjadi album dengan penjualan tertinggi di Britania Raya pada tahun 1994. Album Cross Road juga menjadi album terlaris Bon Jovi. Di antara tahun 1986 hingga 1995, Bon Jovi berhasil menempatkan 4 lagu di nomor satu Billboard Hot 10 dan 13 lagu lainnya di US Top 40. Beberapa lagu terbaik Bon Jovi di periode tersebut antara lain Bad Medicine, You Give Love a Bad Name, Bed of Roses, Always dan tentu saja Livin' on a Prayer, yang disebut sebagai lagu terbaik Bon Jovi hingga sekarang.

Bon Jovi meneruskan eksistensinya di industri musik di era 2000-an, dengan merilis total 5 album antara 2000 hingga 2009, yaitu antara lain Crush (2000), Bounce (2002), Have a Nice Day (2005), Lost Highway (2007) dan The Circle (2009). Lagu It's My Life di tahun 2000 menjadi salah satu lagu paling populer Bon Jovi dan membuat Bon Jovi lebih dikenal di kalangan remaja karena warna musiknya yang berbeda. Pada 12 Maret 2013 lalu, Bon Jovi merilis album studio ke-12 berjudul What About Now, yang merupakan album paling baru Bon Jovi hingga kini.

Hingga kini, Bon Jovi telah merilis 12 album studio, 2 album live dan 3 album kompilasi. Bon Jovi diperkenalkan ke UK Music Hall of Fame di tahun 2006 dan mendapat penghargaan Award of Merit di American Music Awards pada tahun 2004. Mereka telah menggelar konser sebanyak 27000 kali. Bon Jovi juga menjadi salah satu band dengan rekor penjualan album tertinggi sepanjang masa, dengan rekor penjualan lebih dari 130 juta keping album di seluruh dunia sepanjang masa.

No comments:

Post a Comment

Recent Post