Latest News

Monday 27 January 2014

Profil dan Biografi Lengkap Jay-Z

Jay-Z adalah penyanyi rap terkenal asal Amerika. Jay-Z lahir pada 4 Desember 1969 dengan dengan nama Shawn Corey Carter. Ia lalu mengubah nama panggungnya menjadi Jay-Z. Selain sebagai rapper, ia juga merupakan produser musik dan pengusaha. Ia merupakan artis hip hop terkaya dan paling sukses di Amerika. Jay-Z juga disebut-sebut sebagai salah satu rapper terbaik sepanjang masa. Ia memenangkan banyak penghargaan, termasuk 17 Grammy Awards dan beberapa nominasi lainnya. Total Jay-Z telah menjual albumnya dengan rekor penjualan 75 juta keping di seluruh dunia, menjadikannya salah satu penyanyi rap dengan rekor penjualan tertinggi sepanjang masa.


Nama lahir Shawn Corey Carter
Nama populer Jay-Z
Lahir Brooklyn, New York City, US, pada 4 December 1969
Pekerjaan Penyanyi rap, produser rekaman, pengusaha
Genre Hip hop
Instrumen Vokal

Profil dan Biografi Lengkap Jay-Z

Selain sebagai rapper, Jay-Z juga merupakan seorang pengusaha dan investor. Dia merupakan mantan presiden Def Jam Recordings, co-founder Roc-A-Fella Records dan pendiri Roc Nation. Dia juga mendirikan agensi olahraga, Roc Nation Sports dan agen olahraga untuk kompetisi NBA dan MLB. Jay-Z juga memiliki beberapa perusahan lainnya. Pada tahun 2012, majalah finansial Forbes memperkitakan kekayaan Jay-Z mencapai 500 juta US dollar.

Sebagai seorang artis, Jay-Z telah banyak memperoleh pencapaian. Dia memegang rekor penyanyi pria dengan album nomer satu terbanyak di Billboard 200, sebanyak 13 album. Ia menempati posisi sepuluh daftar artis tersukses di era 2000-an oleh Billboard. Jay-Z juga menduduki urutan empat rapper tersukses sepanjang masa, di bawah Eminem, Nelly dan 50 Cent. Ia menempati posisi 88 dalam daftar greatest artist of all time oleh majalah Rolling Stone. Di tahun 2008, Jay-Z menikah dengan penyanyi R&B Amerika, Beyonce.

Jay-Z telah merilis 12 album studio, termasuk beberapa album tersuksesnya seperti Reasonable Doubt (1996), The Blueprint (2001) dan The Black Album (2003), yang masuk jajaran album paling berpengaruh dalam genre musik rap dan hip hop. Jay-Z merupakan salah satu penyanyi rap dengan rekor penjualan tertinggi sepanjang masa, dengan rekor penjualan 75 juta keping di seluruh dunia. Ia juga memenangi 17 penghargaan Grammy Awards. Tak heran jika ia masuk dalam jajaran penyanyi rap terbaik dan terpopuler sepanjang masa.

No comments:

Post a Comment

Recent Post